Pengikut

idasari niat untuk meningkatkan kapasitas Petani dan rumah tangga petani terhadap akses teknologi informasi dengan tujuan mengembangkan sumber daya Manusia untuk peningkatan ekonomi petani, API bekerja sama dengan Formasi Indonesia terhitung sejak Agustus 2007 melangsungkan penyelenggaraan program CTC (Community Training Center) yang dilaksanakan di enam lokasi dari enam serikat tani Aliansi Petani Indonesia. CTC-CTC API tersebut diantaranya terdiri atas 1. Sekretariat API Bali yang berlokasi di Jl. Banyubiru No. 289 Dusun Airanakan Banyubiru Negara Jembrana Bali 82251. 2. ORTATA ( Organisasi Taloa , Jl. Sultan Kharuddin No. 28 Sumbawa Besar. 3. Sekretariat Paguyuban Petani Cianjur (PPC) 1, Alamat : JL. Pagelaran No. 43 Cianjur. 4. Sekretariat Paguyuban Petani Cianjur (PPC), Jl. Pangeran Hidayatullah No. 142 Desa Limbangan Sari RT 02 RW 13 Cianjur. 5. Himpunan Petani dan Nelayan Pakidulan (HPNP) di Jl. Merdeka KMP Situgede Wetan No. 18 RT/RW 02/06 Desa Cipanengah Kec. Lembur Situ Kota Sukabumi. dan 6. Kelompok Petani Perempuan Saluyu (PPPS )beralamat di Jl. Kp. Cisaat RT 01/01 Desa Caringin Kec. Kab. Sukabumi Jawa Barat 43359. Sedianya, program tersebut akan dioperasikan selama enam bulan dengan fasilitas perangkat komputer dan koneksi internet.

Secara umum kondisi CTC jaringan anggota Aliansi Petani Indonesia berada pada wilayah kota Kabupaten. Hal ini karena jaringan mayoritas anggota Aliansi Petani Indonesia berada di tingkat pedesaan dan belum terkoneksi dengan jaringan telepon. Sehingga sekretariat di tingkat Kabupaten menjadi pilihan untuk menjadi tempat CTC. Satu misal CTC Ortata (Organisasi Taloa) Sumbawa yang masih berada di wilayah kota kabupaten Sumbawa Besar pun masih sangat sulit untuk menggunakan akses internet. Karena telepon yang digunakan adalah satelit (antena) sehingga sering down saat terkoneksi dengan komputer. Namun hal tersebut tetap bukan menjadi kendala utama.
Untuk 5 CTC di tempat lain relatif mudah untuk menggunakan koneksi internet dengan menggunakan jaringan telkomnet, walau kadang-kadang down. Satu CTC di Paguyuban Petani Cianjur (PPC 1) menggunakan aksess speedy untuk koneksi internet, sehingga hal ini menjadi tidak ada kendala bagi CTC PPC 1.

Kemudian terkait dengan partisipan peserta pelatihan dan pengunjung, karena jarak geografis yang terbilang jauh, beberapa petani jika melakukan pelatihan mereka sekaligus berada di CTC yang juga merupakan sekretariat organisasi API di tingkat kabupaten bisa bertahan sampai 2 hari datau 3 hari. Mereka betul-betul memanfaatkan waktu karena jarak tempuh yang begitu jauh dari tempat tinggal mereka. Sehingga pemanfaatan CTC menjadi lebih maksimal. Di samping itu seperti di CTC Cianjur juga dibuka waktu khusus penggunaan internet untuk kalangan umum, meski program ini masih didominasi oleh para pelajar di sekitar Cianjur dan beberapa pengunjung lain di luar petani untuk menggunakan jasa internet, namun manfaat bagi petani sendiri terasa amat besar.

Di 6 penerima manfaat kegiatan tersebut seluruhnya dapat dibilang sangat antusias. Hal ini terungkap pada diskusi sosialisasi awal bersama kelompok masyarakat yang sempat di datangi Seknas API di Cianjur, hal man menjadi indikator bahwa petani sendiri merasa perlu dalam kaitanya dengan teknologi informasi. Hal tersebut juga tampak terlihat dari sikap kebersamaan yang muncul dalam proses penataan dan set up tempat pelatihan yang nota bene adalah kantor sekretariat organisasi tani di tingkat kabupaten, seperti pemasangan peralatan, pengecatan bangunan dan menata ulang ruangan.

Diposting oleh Aliansi Petani Indonesia Kamis, 22 November 2007

0 komentar

Posting Komentar

Aliansi Petani Indonesia

Subscribe here

Lagu-lagu Perjuangan Petani Organik API

Dokumentasi